KPU Ngada Adakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020

KPU Ngada Adakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020
Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati lanjutan Tahun 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngada di Aula KPU Ngada, Rabu (17/06/2020).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngada menggelar rapat koordinasi dengan Stakeholder terkait persiapan pelaksanaan lanjutan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngada Tahun 2020, di Aula KPU Ngada, Rabu (17/06/2020). Kegiatan ini dilakukan setelah diterbitkannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terbaru, yakni Nomor 5 Tahun 2020 terkait perubahan ketiga atas peraturan komisi pemilihan umum nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/ atau wali kota dan wakil wali kota tahun 2020.

Sebagaimana Pemerintah sudah mengeluarkan perpu nomor 2 tahun 2020 tentang Peraturan Pengganti Undang-undang tentang Perubahan Ketiga atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang, merubah hari pemungutan suara pada Pilkada serentak tahun 2020 yang awalnya tanggal 23 September 2020 menjadi 9 Desember 2020.

Berkaitan dengan hal tersebut tahapan pelaksanaan pilkada harus sesuai dengan regulasi, yang mana salah satu pasal adalah menggunakan standar protokoler kesehatan, karena hingga saat ini status darurat pandemi Covid-19 belum dicabut.

Acara tersebut dibuka oleh Ketua KPU Ngada, Stanislaus Neke. Ia berharap agar tahapan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Pada kesempatan yang sama, Aloysius Raubata selaku Anggota KPU Ngada menjelaskan beberapa tahapan yang akan kembali berjalan, salah satunya akan dilakukannya verifikasi factual calon perseorangan pada 24 Juni sampai 12 Juli mendatang.

Rapat koordinasi dihadiri oleh seluruh jajaran Staf KPU Ngada, Sekda Ngada, Bawaslu Ngada, Kodim 1625 Ngada, Pengadilan Negeri Ngada, Kejaksaan Negeri Ngada, Polres Ngada, Kesbangpol, Disdukcapil, Ketua PPK 12 Kecamatan dan masing-masing Pasangan Calon. (Kethy)