KPU Ngada Distribusikan APD ke Kecamatan, Tahapan Verfak Dimulai

KPU Ngada Distribusikan APD ke Kecamatan, Tahapan Verfak Dimulai
Penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) dan Penyerahan Berkas Syarat Dukungan Calon Independen di Kecamatan Aimere oleh Anggota KPU Ngada kepada PPK Kecamatan Aimere, Senin (29/06/2020).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngada mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS)  di 12 Kecamatan dan 151 Desa/Kecamatan se-Kabupaten Ngada, Senin (29/06/2020). Alat pelindung diri yang diturunkan sebagai tanda dimulainya tahapan verifikasi faktual (verfak) bagi pasangan calon perseorangan dalam pilkada serentak 2020. APD yang telah dibagikan kepada PPK dan PPS tersebut digunakan selama masa verifikasi faktual terhitung sejak Senin, 29 Juni sampai Minggu, 12 Juli 2020 mendatang.

 

Verifikasi Faktual (Verfak) berkas syarat dukungan calon independen harus memenuhi protokol kesehatan. Pengadaan APD ini masuk di dalam SE KPU RI nomor 20 tahun 2020  dan SE 481 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan Tahun 2020 Dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Isi edaran yang tertera pada point (7) yakni, kegiatan tahapan verifikasi faktual terhadap pemenuhan persyaratan dukungan Bakal Pasangan Calon perseorangan yang akan dilaksanakan selama 14 hari hari sejak dokumen syarat dukungan Bakal Pasangan Calon diterima oleh PPS.

 

Selain penyerahan APD, secara bersamaan juga diserahkan  dokumen Verifikasi Faktual (verfak) dukungan bakal calon perseorangan. Berkas yang diturunkan berupa  model B 1.1 Kwk, model lampiran BA.4 Kwk, model BA.5 Kwk dan model lampiran BA. 5 Kwk. Setelah penerimaan berkas dan APD, pada hari yang sama 513 orang petugas yang terdiri dari 60 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 453 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) langsung melakukan verifikasi secara serentak di 12 Kecamatan se-Kabupaten Ngada.

 

Setiap petugas verifikator yang bekerja di lapangan melakukan verifikasi faktual berkas syarat calon independen pasangan bakal calon wajib menggunakan APD yang telah dibagikan oleh KPU Ngada. APD yang diperoleh berupa 4128 masker, 302 sarung tangan, 906 face shield, 165 thermometer infrared dan 906 hand sanitizer.

Penulis/editor :pharmaskpungada