KPU Ngada Gelar Bimtek Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon Perseorangan

KPU Ngada Gelar Bimtek Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon Perseorangan
Bimbingan teknis (bimtek) verifikasi dukungan faktual dukungan bakal calon perseorangan di Kecamatan Golewa Selatan bersama seluruh PPK dan PPS Kecamatan Golewa Selatan, Rabu (23/06/2020).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngada gelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) verifikasi dukungan bakal calon perseorangan yang melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di delapan kecamatan. Pelaksanaan agenda bimbingan teknis (bimtek) verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan ini dilaksanakan dalam dua gelombang yaitu hari Selasa, (22/06) dan hari Rabu (23/06) bertempat di masing-masing Kecamatan yaitu Kecamatan Golewa Selatan, Riung Barat, Inerie, Golewa, Wolomeze, Bajawa Utara, Bajawa dan Jerebuu.

Hal ini berdasarkan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 pasal 48 tentang verifikasi faktual syarat dukungan pasangan calon perseoranga. Selain itu juga PKPU Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota dan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program Dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020

Penyelenggaraan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngada dan diberikan langsung lima komisioner KPU Ngada bersama segenap staf. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngada, Stanislaus Neke mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka mematangkan persiapan penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang dijadwalkan akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang. Selain itu agenda bimbingan teknis (bimtek) ini merupakan lanjutan dari rangkaian dan tahapan penting pelaksanaan pilkada yang kemarin sempat tertunda.

“Dengan berjalan kembalinya semua tahapan, KPU Ngada bekali seluruh PPS dan PPK tentang verifikasi faktual dengan bimtek ini agar tahapan verifikasi berjalan sesuai dengan regulasi”, ungkapnya.

Ia juga menyampaikan peserta pada umumnya paham terkait materi yang telah disampaikan. Beberapa kendala yang dihadapi ungkapnya yaitu tentang nomor telepon tim penghubung yang bermasalah, ketika dihubungi. Tahapan verifikasi faktual akan dumlai pada tanggal 24 Juni hingga 7 Juli mendatang.