KPU NGADA, GELAR PLENO PENETAPAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI NGADA TERPILIH

KPU NGADA, GELAR PLENO PENETAPAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI NGADA TERPILIH
Foto bersama Komisoner KPU Ngada, Pasangan Calon Terpilih, Bawaslu Kabupaten Ngada, Sekda Ngada & Anggota Parpol Usai Acara Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Ngada Terpilih di Aula Lantai 2 Kantor KPU Ngada, Jumat (22/01/2020).

KPUNGADA.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngada menetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Paru Andreas-Raimundus Bena dalam Pilkada Serentak 2020. Rapat Pleno digelar di Aula Lantai 2 Kantor KPU Ngada, Jumat (22/01/2021).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ngada, Stanislaus Neke dalam sambutannya mengatakan, KPU telah menetapkan pasangan calon sesuai berita acara pleno terbuka KPU Ngada Nomor: 210/PL.02.6-BA/5309/KPU-KAB/XII/2020 tanggal 17 Desember 2020 tentang Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngada Tahun 2020. “KPU telah menetapkan pasangan calon nomor urut dua yakni Paru Andreas dan Raimundus Bena sebagai pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada terpilih dengan perolehan suara terbanyak sebesar 23.786 dari 85.924 suara sah”, ungkap Stanislaus.

Stanislaus juga menambahkan bahwa rapat pleno terbuka dapat digelar karena tak adanya gugatan perselisihan hasil Pilkada Ngada di Mahkama Konstitusi (MK). Hal ini sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota. “Sampai dengan ditutupnya jadwal pengajuan permohonan sangketa di MK, tidak ada yang mengajukan permohonan sehingga acara layak kita gelar pada hari ini” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dan memberikan apresiasi kepada seluruh pasangan calon. “Atas nama KPU Ngada, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memperlancar semua rancangan kegiatan sampai hari ini dan apresiasi pada seluruh pasangan calon dan tim kampanye atas kerelaan menerima hasil pilkada ini” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Calon Wakil Bupati terpilih, Raimundus Bena dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua penyelenggara mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat desa terutama terkait akurasi dan transparansi. “Saya tau betul kerja penyelenggara pemilu di Kabupaten Ngada, sudah terbukti dan sudah teruji untuk itu saya berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penyelenggara pilkada”, ungkap Raimundus.

Di akhir Pleno, Sekda Ngada, Theodosius Yosefus Nono mewakili Bupati Ngada dalam sambutannya, juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Ngada sehingga Pilkada Ngada berjalan tertib, aman dan damai. “Atas nama pemerintah kabupaten ngada kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ngada yang telah menjaga keamanan dan ketertiban selama penyelenggaraan pemilu dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemungutan suara pada tanggal 9 Desember 2020 yang lalu”, tutup Theodosius.

Acara penetapan Bupati dan Wakil Bupati Ngada terpilih digelar dengan mengacu pada protokol kesehatan ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.*(KS)