KPU Ngada Lantik PPS Tertunda di Empat Kecamatan

KPU Ngada Lantik PPS Tertunda di Empat Kecamatan
Pelantikan PPS Kecamatan Soa oleh Anggota KPU Ngada, Senin (15/06/2020).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngada melantik 150 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di empat Kecamatan  tertunda yakni Soa, Riung, Aimere, dan Golewa Barat. Penundaan pelantikan di empat kecamatan ini bersamaan dengan keluarnya Surat Edaran (SE) pemberhentian sementara akibat pandemi Corona.

Hal ini berdasarkan instruksi yang tercantum dalam Surat KPU Nomor 441/PL.02-sd/01/KPU/VI/2020 itu juga mengatur SK pengaktifan kembali PPK dan PPS berpedoman pada peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020.

Setelah menjalani intruksi pemerintah tetap berada di rumah saja, bahwa semua penyelenggara Pemilu baik di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ataupun Panitia Pemungutan Suara (PPS). Secara serentak tenaga Ad Hoc tidak diperkenankan untuk melakukan aktifitas tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati 2020.

Namun, pemberhentian sementara tersebut berlaku hingga Senin, 15 Juni 2020. Secara resmi PPK dan PPS kembali diaktifkan kembali berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 atas perubahan PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020.

Kepada PPS yang dilantik diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta berintegrasi tinggi. PPS diminta untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan dalam Pemilihan Serentak pada 9 Desember 2020.

PPS yang dilantik tersebut sebelumnya terlebih dahulu dilakukan verifikasi. Apakah PPS tersebut masih memenuhi syarat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau tidak. Akan tetapi lebih diutamakan adalah mampu menjaga keselamatan penyelenggara dan pemilih sehingga pilkada serentak dapat berjalan dengan baik dan sukses. Di Kabupaten Ngada terdapat 60 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 453 Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang siap untuk menyukseskan pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.