KPU NGADA SOSIALISASIKAN PKPU 10 TAHUN 2020

KPU NGADA SOSIALISASIKAN PKPU 10 TAHUN 2020
Kegiatan Sosialisasi PKPU 10 Tahun 2020 dihadiri oleh Komisioner KPU Ngada, Bawaslu Kabupaten Ngada, Sekda Ngada, Kapolres Ngada, Dandim 1625 Ngada, Perwakilan Kesbangpol, Perwakilan Dinas Kesehatan, Satgas Covid-19 dan Partai Politik/Bakal Pasangan Calon/Tim Penghubung di Aula Lantai 2 Kantor KPU Ngada, Kamis (17/9/2020).

 

KPUNGADA.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngada menggelar sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam Covid-19. Sosialisasi dilaksanakan di Aula Lantai 2 Kantor KPU Ngada, Kamis (17/9/2020).

Sosialisasi dihadiri oleh Komisioner KPU Ngada, Bawaslu Kabupaten Ngada, Sekda Ngada, Kapolres Ngada, Dandim 1625 Ngada, Perwakilan Kesbangpol, Perwakilan Dinas Kesehatan, Satgas Covid-19 dan Partai Politik/Bakal Pasangan Calon/Tim Penghubung.

Sosialisasi diberikan oleh tiga pemateri yakni Komisioner KPU Ngada yang membidangi divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Stefania Octaviana Meo, Sekretaris Daerah/Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Ngada, Th. Yos Nono dan Ketua Bawaslu Ngada Sebastianus Fernandez. Kegiatan ini dimoderatori oleh Ketua KPU Ngada Stanislaus Neke.

Th. Yos Nono dalam materinya menyampaikan tentang implementasi dan penegakan hukum protocol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus di Kabupaten Ngada. “Ada batas waktu untuk kumpul yakni batasnya sampai jam pukul 18.00 wita, apabila ada yang melanggar maka akan diberikan sangsi teguran lisan/ tulisan, kerja sosial dan sangsi administrasi”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Stefania Octaviana Meo menyampaikan tentang Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Pelakasanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Walikota Tahun 2020 Dalam Kondisi Bencana Non Alam (Covid-19) Tingkat Kabupaten Ngada. “Ada kegiatan yang mengumpulkan orang harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketentuan membatasi jumlah peserta dengan mempertimbangkan ruangan, jaga jarak 1 meter, menggunakan alat yang tidak bersentuhan fisik, suhu tubuh paling tinggi 37,3 celcius, seluruh peserta yang hadir wajib menggunakan alat pelindung diri dan wajib mencuci tangan,” ungkapnya.

Sosialisasi ditutup dengan pemateri dari Ketua Bawaslu Ngada Sebastianus Fernandez, ia menyampaikan materi tentang pengawasan kampanye dalam masa pandemik. “Yang kami tekankan disini yakni pasal-pasal pidana jadi bagi yang melanggar akan kena pasal, itu yang akan kami diulas”, ujar Sebastianus. Sosialisasi diakhiri dengan kegiatan tanya jawab bersama peserta yang hadir (Parmas/KPUNGADA).