KPU NGADA TETAPKAN 110.073 PEMILIH SEBAGAI DAFTAR PEMILIH SEMENTARA

KPU NGADA TETAPKAN 110.073 PEMILIH SEBAGAI DAFTAR PEMILIH SEMENTARA
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP dan Penetapan DPS tingkat Kabupaten pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngada Tahun 2020 dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Ngada, Bawaslu Kabupaten Ngada, Pimpinan Parpol, Kadis Kesbangpol, Kadis Duscakpil, Ketua PPK dan Anngota PPK yang membidangi data pemilih dan Opererator Sidalih Kecamatan di Aula Lantai 2 Kantor KPU Ngada, Senin (14/9/2020).

KPUNGADA.IDKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngada menetapkan sebanyak 110.073 pemilih sebagai Daftar Pemilih Sementara pada rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kabupaten pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngada Tahun 2020. Rapat pleno berlangsung di Aula Kantor KPU Ngada, Senin (14/09/2020).

Pleno dibuka secara resmi oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ngada, Stanislaus Neke dan dihadiri oleh Anggota KPU Ngada, Pimpinan Partai Politik, Bawaslu Kabupaten Ngada, Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Ngada, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Ngada, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Anggota PPK yang membidangi data pemilih dan Operator Sidalih Kecamatan.

Saiful Amri M.P Sila, Anggota KPU Ngada yang membidangi Divisi Program dan Data KPU Ngada, mengatakan dari hasil rekapitulasi yang diselenggarakan, KPU Ngada menetapkan Daftar Pemilih Sementara sebesar 110.073 pemilih. “Daftar pemilih sementara tersebar di 357 TPS yang ada di 151 desa/kelurahan di 12 kecamatan dengan jumlah  56.882 pemilih perempuan dan 53.191 pemilih laki-laki”, ungkapnya.

Ia juga mengatakan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) sebelumnya sudah diplenokan berjenjang mulai dari tingkatan PPS, PPK sampai pada Kabupaten. “Pleno rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran di tingkat desa/kelurahan oleh PPS sudah dilakukan pada tanggal 30 dan 31 Agustus lalu. Sedangkan di 12 Kecamatan sudah dilakukan oleh PPK pada tanggal 2 dan 3 September tahun 2020”, ujarnya.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Saiful juga mengatakan sesuai dengan jadwal, KPU Ngada memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan dan tanggapan atas daftar pemilih yang telah disampaikan oleh PPK. ”Setelah DPS diumumkan di semua desa/kelurahan maka selanjutnya kami akan menerima tanggapan masyarakat pada tanggal 19 September hingga 28 September 2020 yang selanjutnya akan diakomodir sebagai bahan perbaikan penyusunan daftar pemilih”, tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Ngada, Stanislaus Neke mengucapkan limpah terimakasih kepada seluruh penyelenggara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngada Tahun 2020. “Atas nama Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ngada saya menyampaikan apresiasi atas kerja keras kita bersama. Terima kasih berlimpah bagi sahabat-sahabat KPU Ngada yakni PPDP, PPS, PDK, PPK, Operator Sidalih Kecamatan dan Panwascam yang telah maksimal melaksanakan proses pemutakhiran data pemilih sehingga tercipta daftar pemilih yang komperhensif, akurat dan mutakhir”, ungkap Stanislaus (Parmas/KPUNGADA).