KPU Ngada Tetapkan 111.416 Pemilih Sebagai Daftar Pemilih Tetap

KPU Ngada Tetapkan 111.416 Pemilih Sebagai Daftar Pemilih Tetap
Rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) & Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngada Tahun 2020 di Aula Lantai 2 Kantor KPU Ngada, Kamis (15/10/2020).

KPUNGADA.ID - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ngada menetapkan sebanyak 111.416 pemilih sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Rapat pleno digelar bersamaan dengan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngada Tahun 2020 di Aula Lantai 2 Kantor KPU Ngada, Kamis (15/10/2020).

Komisioner KPU Ngada yang membidangi Divisi Program dan Data KPU Ngada, Saiful Amri M.P Sila menyampaikan dalam rapat pleno tersebut sudah ditetapkan DPT pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngada sebanyak 111.416 pemilih. Jumlah tersebut tersebar di 12 Kecamatan dan 151 Desa/Kelurahan se-Kabupaten Ngada.

“Ada 357 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah 53.898 pemilih laki-laki dan 57.518 pemilih perempuan, jumlah ini tersebar di seluruh kecamatan. Dengan sudah ditetapkannya DPT ini, pihak KPU Ngada sudah bisa untuk proses logistik yakni surat suara, formulirdan semua kelengkapan TPS,” ungkapnya usai mengikuti rapat pleno.

Sementara itu, Ketua KPU Ngada, Stanislaus Neke, menyampaikan bahwa kegiatan ini berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Selain itu juga selaras dengan PKPU Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. “Sebelum penetapan DPT, KPU Kabupaten Ngada dapat menerima masukan sepanjang masukan disertai data autentik dan elemen data yang lengkap dan utuh,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, ia juga mengucapkan limpah terima kasih kepada semua stakeholder dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngada tahun 2020. “Profisiat bagi rekan-rekan PPS, PDK, rekan-rekan PPK dan Panwascam yang telah sukses menyelesaikan pleno DPSHP pada setiap tingkatannya. Bagi sahabat-sahabat Ketua dan Anggota Bawaslu dan tim kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati ngada tahun 2020,” tutupnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua, Anggota Komisioner & Sekretaris KPU Ngada, PPK Kabupaten Ngada, Bawaslu Kabupaten Ngada, Panwascam Kabupaten Ngada, Kabid Disdukcapil Kabupaten Ngada & Tim Penghubung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ngada Tahun 2020 (Parmas/Kpungada).